beritafakta.id- PERUMDAM TKR Kabupaten Tangerang meraih “Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berdasarkan Buku Kinerja BUMD Air Minum tahun 2024.
Raih Penghargaan ini merupakan proses untuk mengevaluasi sejuahmana BUMD telah mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan serta untuk mengindentifikasi area yang perlu di tingkatkan .Proses ini penting untuk memastikan efisiensi ,efektivitas dan keberlanjutan BUMD dalam jangka waktu panjang ,Berdasarkan Laporan Kerja BUMD Air Minum Tahun 2024 .Peseeta yang mengikuti penilaian ini sebanyak 394 BUMD Bidang Pengelolaan Air Minum yang di nilai kinerja nya.
Prestasi yang diraih PERUMDAM TKR meliputi:
- Peringkat 1 dari 10 BUMD Air Minum dengan Nilai Kinerja Tertinggi secara Nasional.
- Peringkat 1 dari 10 BUMD Air Minum dengan Nilai Kinerja Tertinggi di Wilayah II.
- Peringkat 1 dari 10 BUMD Air Minum dengan Nilai Kinerja Tertinggi pada Kelompok Pelanggan > 100.001 1 Sambungan Langganan (SL).
- Peringkat 1 dalam kategori 3K (Kualitas, Kuantitas, dan Kontinuitas) Terbaik.
Aspek Penilaian kinerja BUMD air minum ini meliputi beberapa aspek penting, di antaranya:
- Aspek Keuangan
- Aspek Pelayanan
- Aspek Operasional (kontinuitas pasokan, pengurangan kebocoran, pemeliharaan infrastruktur)
- Aspek Sumber Daya Manusia (SDM) (kompetensi, produktivitas, pengembangan, kesejahteraan pegawai)
Direktur Utama PERUMDAM TKR, Sofyan Sapar disela acara mengutarakan , menyampaikan bahwa hasil penilaian ini semakin memacu semangat seluruh pegawai untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bupati Tangerang juga выразил kebanggaannya atas prestasi ini dan berharap PERUMDAM TKR terus meningkatkan kualitas pelayanannya.
Sofyan Safar menjelaskan juga bahwa beberapa aspek yang di kembangkan berupa takut Aspek Pelayanan : Aspek ini berfokus pada kepuasan pelanggan ,cakupan layanan serta kualitas distribusi dan respon terhadap pengaduan masyarakat ; Aspek Operasi : Aspek ini mencerminkan efektivitas proses operasional ,seperti continue ,pasokan air bersih ,pengurangan tingkat kebocoran dan pemeliharaan infrastruktur .Sementar itu ,Aspek Sumber Daya Manusia: Aspek yang mengedepankan mengevaluasi kompetensi,prudukrivitas dan kesejahteraan pegawai guan mendukung kinerja organisasi pegawai secara keseluruhan.
Pemerintah Daerah bersama instansi terkait melaksanakan evaluasi kinerja terhadap BUMD Air Minum sebagai upayauntuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum( SPAM ) dN jaringan perpipaan .
Evaluasi ini bertujuan memberikan manfaat strategis bagi pemangku kebijakan dan strategis peningkatan pelayanan air minum ,sekaligus menjadi dasardlaam merancang langkah langkah pengembangan SPAM ke depan
Dalam akhir penjelasannya ,Sofyan Sapar menuturkan kembali bahwa PERUMDAM TKR sebelumnya juga telah meraih berbagai penghargaan serupa, menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan pelayanan air minum yang terbaik. Perusahaan ini terus berupaya meningkatkan kualitas dan cakupan layanan dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi, termasuk digitalisasi dan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI).