Aleix Espargaro Juarai GP Argentina

0
48

beritafakta.id Aleix Espargaro meraih kemenangan MotoGP perdananya sekaligus mempersembahkan kemenangan pertama bagi Aprilia pada era MotoGP lewat pertarungan ketat di Grand Prix Argentina, Senin (4/4) dinihari WIB.

Pebalap Spanyol itu mengawali balapan MotoGP ke-200 dalam kariernya setelah merebut posisi pole untuk Aprilia sejak kelas MotoGP dikenalkan pada 2002.

Selain itu untuk ketiga kalinya bagi pabrikan asal Noale itu secara keseluruhan dalam kelas premier, bersama Tetsuya Harada di Italia pada 1999 dan Jeremy McWilliams di Australia pada 2000.

Aprilia juga menjadi pabrikan ketiga yang merasakan pole di Termas setelah Honda (5) dan Ducati (1).

Itu kali ketiga Espargaro start terdepan dalam MotoGP. Dua pososi pole lainnya dia raih di Assen/2004 saat membalap untuk Yamaha dan Catalunya/2015 bersama Suzuki.

Start terdepan di Termas de Rio Hondo, Espargaro kehilangan posisi setelah pebalap tim Pramac Jorge Martin meluncur sempurna guna memimpin lomba menuju tikungan pertama.

Kedua pebalap bersaing ketat dan membangun jarak dua detik di depan rival-rivalnya.

Martin yang gagal finis dalam dua balapan pembuka musim, mendapatkan sedikit ruang bernafas setelah pebalap Aprila itu melebar di tikungan pertama.

Akan tetapi, setelah membuat kesalahan tersebut, Espargaro ternyata masih menyimpan kecepatannya dan mencetak lap terbaik untuk mengejar pebalap terdepan.

Setelah dua kali berupaya menyalip Martin dan melebar, Espargaro melakukan manuver sempurna untuk mengambil alih pimpinan lomba dari rival senegaranya itu dalam lima lap terakhir dan menjadi yang pertama melintasi finis untuk merayakan kemenangan bersejarah dalam kariernya.

Pebalap Suzuki Alex Rins memastikan tiga pebalap Spanyol naik podium hari itu setelah finis di belakang Martin.

Hasil itu sekaligus membawa Espargaro menjadi pemuncak klasemen dengan koleksi 45 poin, tujuh poin di depan pebalap KTM Brad Binder yang finis keenam hari itu.

Martin juga meraih poin pertamanya musim ini setelah gagal finis dalam dua balapan sebelumnya di Qatar dan Indonesia.

Honda, yang kehilangan Marc Marquez akhir pekan ini karena cedera, dibuat frustrasi lantaran pebalap pengganti Stefan Bradl finis P19 sementara Pol Espargaro membuat kesalahan dan terjatuh di tikungan dua hingga gagal menyelesaikan balapan.