Bagi Yang Ingin Ke Mall di Jakarta Wajib Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

0
40

Jakarta, Britafakta.id Memasuki PPKM Level 4, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kelonggaran di berbagai aktivitas, dengan syarat sudah suntik vaksin minimal dosis pertama. (18/08/21)

Aturan tersebut juga berlaku bagi masyarakat yang ingin pergi ke mall. Jika syarat sebelumnya hanya memperlihatkan kartu/sertifikat vaksin, kini ditambah dengan memperlihatkan bukti telah divaksin yang dapat akses melalui aplikasi PeduliLindungi.

“Wajib untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan terkait,” tulis Anies dikutip dari Kepgub

Selain menggunakan aplikasi PeduliLindungi, aplikasi JAKI yang dapat dipakai untuk memantau perkembangan kasus corona, daftar vaksinasi, hingga memantau status vaksinasi.

Melalui aplikasi JAKI terdapat QR Code seseorang sudah divaksin pertama, kedua, atau belum vaksin sama sekali.  Anies dan Wakilnya Riza Patria juga sempat meminta warga untuk menggunakan JAKI guna memudahkan aktivitas yang memerlukan bukti vaksin selama PPKM Level 4 berlaku.

Diberlakukan peraturan tersebut untuk mencegah adanya antrean saat ingin masuk ke mall serta mencegah adanya pemalsuan data diri mengenai vaksinasi.

Dibukanya kembali mall di Jakarta, restoran dan kafe juga mulai diizinkan dine-in. Namun syaratnya hanya diperbolehkan satu meja 2 orang dan waktu makan dibatasi 30 menit. Kemudian, kapasitas pengunjung harus dibatasi maksimal 25 persen.