Berikut Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak Beserta Cara Pengolahannya

0
8

beritafakta.i dSiapa sih yang tak tahu buah sirsak? Buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah dahulu. Biasanya saat panas terik sirsak diolah menjadi jus yang menyegarkan, tapi dapat juga diolah menjadi manisan, permen, ataupun dodol.

Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu. Sirsak juga dikenal dengan sebutan Durian Belanda. Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau. Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat.

Namun, terlepas dari semua manfaatnya, mengonsumsi daun sirsak juga memiliki risiko efek samping. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi.

Berikut manfaat daun sirsak bagi kesehatan dan cara pengolahannya.

1. Menurunkan Kolesterol

Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, harus bisa mengaturnya agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak ini kamu bisa meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah pilih 10 lembar daun sirsak yang agak tua, dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air mineral. Rebus air hingga tersisa setengahnya saja. Kamu bisa meminumnya dalam keaadaan hangat maupun dingin. Minumlah rutin setiap pagi agar dapat merasakan manfaat daun sirsak ini secara cepat.

2. Dapat Mencegah Dan Melawan Kanker

Inilah manfaat daun sirsak yang paling populer di kalangan masyarakat.

Senyawa acetogenin yang ada dalam sirsak lah, yang membuatnya mampu menghambat maupun melawan sel kanker pada tubuh.

Bahkan hal tersebut juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian terkemuka, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Faculty of Biotechnology and Biomolecular Sciences, Universitas Putra Malaysia.

Dalam studi ini ditemukan bahwa, ekstrak daun sirsak mampu melawan sel kanker payudara, sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh agar tak gampang terserang penyakit.

3. Mengobati Asam Urat

manfaat daun sirsak juga dikenal baik untuk mengobati penyakit asam urat.

Penyakit ini umumnya dialami oleh mereka yang sering mengonsumsi minuman beralkohol atau minuman tinggi gula, mengonsumsi makanan dengan zat purin tinggi (daging merah dan seafood), serta penyakit ‘bawaan’ dari anggota keluarga.

Dengan adanya senyawa acetogenin, asam gentisic, caclourin, dan asam linolet, kamu bisa semakin memaksimalkan manfaat daun sirsak lagi-lagi dengan cara meminum air rebusannya.

Cukup masukkan 8 lembar daun sirsak ke dalam wajan berisi 2 gelas air, lalu rebus hingga air tersisa kira-kira satu gelas saja.

Minum selagi hangat di pagi hari untuk mendapatkan khasiat terbaiknya.

4. Mencegah Insomnia

Manfaat daun sirsak berikutnya adalah untuk mencegah dan mengatasi insomnia.

Kondisi gangguan tidur yang seringnya membuat penderita sulit untuk beraktivitas secara prima keesokan harinya ini, memang sangat mengganggu lho.

Untuk itu, dibutuhkan cara efektif guna mengatasi kondisi tersebut.

Salah satunya adalah dengan meminum segelas teh hangat yang telah dicampur dengan air rebusan daun sirsak.

Minuman ini dapat kamu konsumsi setengah jam sebelum tidur malam, karena khasiatnya diyakini mampu membuat otot menjadi lebih rileks, dan penderita imsonia pun bisa tertidur dengan cepat.

5. Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium adalah penyakit di mana terdapat cairan dalam indung telur atau ovarium wanita.

Penyakit ini biasanya muncul saat wanita sedang dalam masa menstruasi.

Meski seringnya tidak menimbulkan masalah, namun enggak ada salahnya untuk melakukan perawatan lebih intens terhadap penyakit tersebut.

Salah satunya tentu saja dengan memanfaatkan racikan herbal, yakni daun sirsak.

Kamu hanya perlu mengolah daun tersebut menjadi air rebusan dengan takaran sama seperti sebelumnya, yaitu rebus 10 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air.

Kemudian, tunggu sampai air menjadi lebih sedikit dari sebelumnya, dan daun sirsak mengeluarkan sari patinya.

Minum selagi hangat ketika pagi dan malam hari agar khasiatnya lebih maksimal.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dipengaruhi adanya berbagai kandungan vitamin, mineral, kalsium yang tinggi. Tapi tak hanya itu saja daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi hingga antimikroba.

Mengonsumsi teh daun sirsak juga dapat membantu melancarkan dan mencegah terjadinya sembelit, kembung, diare hingga gangguan pencernaan lainnya. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak juga mampu menyeimbankan mikroflora pada usus.

7. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat daun sirsak ini juga baik untuk wanita dan kesuburannya. Jika kamu sedang merencanakan kehamilan sebaiknya mengonsumsi ramuan atau jamu dari daun sirsak ini untuk merangsang kehamilan lebih cepat. Daun sirsak juga dapat melancarkan menstruasi bagi wanita, sehingga dengan siklus menstruasi yang lancar akan membuat kehamilan semakin mudah terjadi.

Berikut cara mengolah ramuan dari daun sirsak, pilih 15 daun sirsak yang agak tua, rebus dengan menggunakan 5 gelas. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa menjadi 2 gelas. Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasanya bisa ditambah dengan gula Jawa atau pun madu secukupnya. Minum secara rutin setiap pagi dan sore hari.