Euro 2020, Portugal Kalahkan Hungaria 3-0

0
7

beritafakta.id Portugal sukses mengalahkan Hongaria 3-0 dalam pertandingan perdana Grup F, di Stadion Puskas Arena, Budapest, Selasa (15/6) malam WIB.

Sempat berakhir dengan skor 0-0 pada babak pertama, Portugal membuktikan mental juara bertahan dengan memborong tigal gol dalam tempo 8 menit menjelang akhir babak kedua.

Permainan menekan langsung diterapkan Portugal sejak menit pertama laga dimulai. Diogo Jota mendapat peluang pertama dimenit ke 9, sayang sepakan pemain Liverpool masih melambung diatas gawang Gulasci.

Sepuluh menit berselang, Cristiano Rolando mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan Portugal. Umpan terukur diberikan Pepe, yang diteruskan tembakan bomber Juventus tersebut masih mampu diblok Gulasci.

Hungaria bukannya tanpa peluang, dimenit ke 37, berawal dari skeman tendangan bebas, Adam Szalai menanduk bola kiriman Andras Schafer dan masih bisa diamankan Patricio.

Peluang emas lagi-lagi didapatkan Portugal pada menit ke-43. Bola crossing Bruno Fernandes di kotak penalti di sambut sepakan Ronaldo namun masih melayang diatas gawang Gulasci. Skor 0-0 mengantar para pemain keruang ganti.

Diawal babak kedua Portugal mendapat peluang melalui tandukan Pepe memanfaatkan umpan sepak pojok Bruno Fernandes. Namun bola masih bisa ditepis oleh Gulacsi.

Gulacsi yanh tampil heroik kembali menjadi mimpi buruk Portugal, penjaga gawang RB Leipzig itu menepis bola sepakan LDR Bruno Fernandes yang mengarah kepadanya pada menit ke 68.

Terus ditekan, Hongaria sempat membuka keunggulan pada menit 80 melalui Szabolcs Schon. Sayang, gol penyerang 20 tahun tersebut dianulir pengadil lapangan karena sudah berada di posisi offside.

Tak kunjung menjebol gawang Hungaria, pelatih Fernando Santos menarik Jota dan William Carvalho dengan duet Andre Silva dan Renato Sanches pada menit 81.

Hasilnya dua menit berselang Portugal mampu unggul, bola kiriman Rafa Silva membentur kaki pemain Hungaria untuk jatuh ke kaki Raphaël Guerreiro yang menyonteknya dan bola kembali terbelokkan arahnya sehingga mengecoh Gulasci untuk masuk ke gawangnya.

Tak butuh waktu lama Portugal kembali menggandakan keunggulan melalui titik penalti usai Andre Silva dilanggar Willi Orban, Ronaldo yang maju sebagai eksekutor sukses menjalan tugasnya dan sekaligus menjadi Top Skor sepanjang masa Euro dengan koleksi 10 gol mengalahkan Michael Platini yang mengoleksi 9 gol.

Ronaldo menyatakan dirinya masih belum habis usai mencetak gol keduanya pada masa injury time babak kedua, CR7 memainkan kombinasi satu dua dengan Rafa Silva berakhir dengan sepakan ke dalam gawang Hungaria yang sekaligus menjadi penutup pertandingan dengan skor 3-0.