Festival Musik Yang Kehadirannya Dirindukan Oleh Kawula Muda

0
46

Britafakta.id- Menghadiri dan merayakan festival musik dari berbagai aliran, adalah momentum yang di nanti-nanti oleh kawula muda di Indonesia. Di Amerika sendiri baik festival musik maupun seni sudah menjadi budaya yang setiap tahunnya wajib untuk di rayakan.

Dari Indonesia sendiri tak mau ketinggalan, pagelaran yang menampilkan musisi beken baik nasional maupun internasional sudah sering di adakan setiap tahunnya, berikut daftar 3 festival musik yang selalu di nanti setiap tahunnya oleh anak-anak muda.

1. We The Fast. (WTF)

Festival tersebut ditujukan bagi kaum muda dengan selera musik lagu-lagu edgy, trendy, hip, yang populer. Dimulai pada tahun 2014, festival yang diselenggarakan oleh Ismaya merupakan penyelenggara acara ternama di tanah air, festival ini telah menghadirkan banyak musisi luar biasa dari seluruh dunia, termasuk SZA, Macklemore & Ryan, The Kooks, The Temper Trap, Bazzi, dan banyak lagi.

Line up spektakuler mereka selalu mengakomodasi musik yang sebagian besar adalah selera anak muda, dari pop, rap, hingga indie. Pergi ke festival ini, orang-orang biasanya berdandan dengan pakaian festival musim panas terbaik mereka.

Untuk membenamkan diri mereka dalam getaran semarak dan skema warna dekorasi. Dengan perpaduan seni, musik, fashion, dan makanan yang pas, festival ini dianggap sebagai salah satu festival musik terbaik di Indonesia.

2. Synchronize Fest

Festival ini mengaku  sebagai “festival untuk semua” dan adil. Seperti yang tersirat dari namanya, Synchronize Fest menargetkan semua orang dari berbagai jenis genre untuk disinkronkan dengan musik satu sama lain sambil menikmati waktu terbaik.

Hal yang menarik dari festival musik tersebut, mereka tidak membatasi diri pada jenis atau aliran musik tertentu saja, tetapi sebaliknya, mereka memastikan bahwa lineup mereka mewakili semua genre untuk semua orang.

Mulai dari pop, rock, jazz, EDM, hingga dangdut, semuanya berkumpul atas nama-nama musisi lokal terbaik Indonesia. Alhasil, keberagaman ini tidak membuat orang kurang menikmati diri sendiri. Bahkan, mereka dianggap sebagai festival musik dengan crowd experience terbaik di Jakarta. Bahkan pagelaran<span;> di tahun 2017 di hari oleh Presiden Joko Widodo dan Badan Ekonomi Kreatif Tariawan Munaf.

Konsep festival yang mengusung tegline “it’s not just festival, it’s a movment” mampu mendatangkan peminat yang terus meningkat setiap tahunnya. Apa yang disebut “Festival Rakyat” ini bisa menjadi tujuan kamu dengan harga tiket yang terjangkau untuk festival musik yang menyenangkan bersama pasukan kamu!

3. Soundrenaline


Dari semua pertunjukan musik yang di nanti-nanti, Soundrenaline tergolong sebagai yang tertua. Nama resmi ‘Soundrenaline’ sudah digunakan sejak 2002, dengan tema yang berbeda pula tiap tahunnya.

Edisi pertama Soundrenaline terjadi pada 2-3 November 2002, tepatnya di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Setahun berselang, pihak penyelenggara kemudian menggelarnya di lima kota berbeda demi memenuhi animo pecinta musik live di Indonesia.

Banyak orang meramalkan bahwa Soundrenaline tidak akan berumur panjang karena sempat vakum di tahun 2010. Tetapi, mereka bisa bangkit di tahun-tahun berikutnya, bahkan terbilang konsisten. Setelah berpindah-pindah tempat, Soundrenaline kemudian rutin menggelar event-nya di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, sejak 2015 hingga 2019. Adapun edisi 2020 tidak diadakan akibat pandemi.

Secara venue, Soundrenaline memiliki tiga panggung outdoor dan satu panggung amphitheater untuk headliner. Panggung ini merupakan bentuk nyata Soundrenaline untuk membagi minat dan menyebar tempat berkumpul, agar tidak terpusat di satu panggung saja.

Soundrenaline sendiri dianggap sebagai showcase terbaik perihal para musisi Indonesia yang sedang nge-hits di pasaran. Tidak hanya itu, Soundrenaline juga cukup konsisten mengundang band luar sejak 2005. Beberapa nama besar yang pernah datang adalah Limp Bizkit, Dashboard Confessional, Mew, dan JET.