Jaga Tubuh Tetap Fit Dan Bugar Dengan Olahraga Ringan Di Rumah

0
17

Jakarta,Beritafakta.id-Sejak pandemi COVID-19 melanda, pemerintah dan sebagian besar perkantoran telah membuat kebijakan bekerja dari rumah atau work from home bagi para karyawan. Hal ini guna menekan penyebaran virus Corona di Indonesia, khususnya klaster perkantoran.
Namun, di rumah saja bukan jadi alasan agar bisa rebahan dan malas-malasan. Anda justru dianjurkan untuk tetap berolahraga agar tubuh senantiasa fit dan sehat. Namun, tidak bisa dipungkiri jika mencari waktu untuk olahraga di tengah kesibukan bekerja dari rumah tidaklah mudah.

Untuk itu, yuk simak tips berolahraga ringan di rumah, seperti dikutip dari Pennmedicine berikut ini.
Langkah awal untuk memulai rutinitas olahraga selama WFH yaitu dengan membuat jadwal. Anda akan memiliki waktu khusus setiap hari untuk sekadar melakukan olahraga ringan, bisa di pagi hari, siang, atau malam setelah selesai bekerja. Usahakan untuk konsisten dan tetap berpegang pada jadwal yang telah dibuat.

Bekerja di rumah, jangan sampai lupa waktu! Supaya tak banyak duduk di depan laptop atau komputer ada baiknya memasang alarm pada handphone. Saat alarm berbunyi, itu tandanya Anda harus bergerak, entah itu meregangkan tangan dan kaki, atau berjalan untuk mengambil minum dan camilan. Pasalnya, terlalu lama duduk bisa membuat sirkulasi darah dan peredaran oksigen ke otak menjadi terganggu.

Go Online
Olahraga tak mesti ke luar rumah, Anda tetap bisa melakukan aktivitas ini dari rumah saja. Kalau bingung, Anda bisa mengikuti tutorial online yang ada di YouTube, Instagram, atau berbagai platform media sosial lainnya. Supaya lebih asyik, Anda juga bisa berolahraga bareng teman dan keluarga lewat videocall.

Gunakan Alat yang Ada di Rumah
Tak punya peralatan fitness di rumah? No worries! Anda tetap bisa berolahraga menggunakan peralatan yang ada, misalnya botol bekas minuman atau jeriken minyak sebagai pengganti dumbell. Kamu bahkan bisa melakukan sit up, push up dan alternatif gerakan olahraga lain yang menggunakan beban tubuh.

Selain berolahraga secara rutin, jangan lupa jaga daya tahan tubuh di masa pandemi dengan menjalani pola hidup sehat. Kamu juga bisa mengonsumsi tambahan suplemen vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan untuk melindungi diri dari paparan virus Corona.

Reed / (ads/ads)