Kacang Almond Selain Bagus Untuk Diet Ternyata Kaya Akan Serat

0
30

beritafakta.id Kacang Almond atau yang biasa disebut Prunus dulcis, adalah tanaman asli dari Timur Tengah. Di Indonesia, almond dikenal dengan nama lain, yakni kacang badam.

Biasanya almond dikonsumsi secara langsung sebagai kudapan atau dijadikan bahan pelengkap untuk berbagai olahan makanan seperti es krim, olahan coklat, kue, dan susu.

Seperti dilansir dari laman Medical News Today kacang almond ternyata kaya kandungan vitamin, mineral, protein, hingga serat untuk kebaikan tubuh.

Berikut Manfaat Dari Kacang Almond

1. Almond Kaya Akan Serat

Almond juga mengandung banyak serat.  Dalam satu porsi almond terkandung sekitar 3 gram serat. Karena kandungan seratnya itulah, Anda akan cenderung merasa kenyang lebih lama.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian menunjukkan diet rendah kalori dengan mengonsumsi 3 ons (84 gram) kacang almond mampu menurunkan berat badan hingga 62 persen dibandingkan dengan diet model karbohidrat kompleks.

Di studi lain pada 100 wanita yang kelebihan berat badan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang almond mengalami penurunan lebih cepat dibandingkan mereka yang melakukan diet bebas kacang. Mereka juga menunjukkan perubahan pada lingkar pinggang dan kondisi kesehatan lainnya.

3. Almond Mengandung Lemak Sehat Yang Tinggi

Ada sekitar 15 gram lemak total dalam satu porsi porsi kacang almond. Itu mungkin terdengar banyak, tetapi sebagian besar adalah lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Seperti protein dan serat, lemak dalam makanan dicerna dengan lambat. Artinya, tersedia energi untuk jangka waktu yang lama yang akan membantu mengurangi rasa lapar.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Magnesium dalam almond juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama kolesterol, serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

5. Menurunkan Kolesterol

Studi menunjukkan, konsumsi almond dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi almond 20 persen dari kebutuhan kalori dapat mengurangi LDL 12,4 mg/dL.

Selain itu, kandungan dalam almond juga dapat mencegah oksidasi yang dapat berkembang menjadi berbagai macam penyakit. Kulit almond kaya akan polifenol yang baik untuk pencegahan oksidasi kolesterol.