Kalahkan Karolina Pliskova, Ashleigh Barty Juarai Wimbledon 2021

0
48

beritafakta.id Ashleigh Barty mencatatkan sejarah dengan menjadi petenis putri Australia pertama yang menjuarai turnamen Tennis Wimbledon dalam 41 tahun terakhir setelah menang melawan unggulan kedelapan Karolina Pliskova 6-3, 6-7(7), 6-3, Sabtu.

Terakhir kali petenis putri Australia yang menyabet gelar Grand Slam lapangan rumput adalah Evonne Goolagong pada 1980.

Hasil ini juga memastikan dominasi Barty atas Pliskova. Dalam delapan pertemuan di antara mereka, ia mampu menang enam kali.

Ini menjadi gelar pertama Barty di turnamen Wimbledon. Ia baru bisa meraihnya dalam usaha yang kedelapan kalinya. Sebelumnya torehan terbaiknya adalah babak keempat, pada 2019.

Langkah Barty tampak mulus saat set pertama dengan memimpin 4-0 atas lawannya yang berasal dari Ceko itu. Barty memenangkan 14 poin pertama pada set pembuka.

Namun, Pliskova mampu memperkokoh permainan pada set kedua dengan mencuri kesempatan dari serangan Barty yang mengendur. Kegagalan Barty dalam menjaga servisnya membuat Pliskova mengencangkan tekanan guna mengamankan set kedua.

Bertekad merebut kemenangan, Barty langsung tancap gas di set ketiga. Dia mampu kembali menemukan ritme permainannya dan merebut keunggulan dengan angka 3-0.

Dengan kemenangan perdana Ash Barty di Wimbledon ini juga menambah catatan kemenangan Grand Slam-nya menjadi dua gelar. Ia menjuarai turnamen grand slam pertama saat merebut gelar Prancis Terbuka pada 2019 lalu.