Kalahkan Skotlandia 3-1, Kroasia Temani Inggris Ke 16 Besar

0
29

beritafakta.id Kroasia berhasil mengalahkan Skotlandia 3-1 pada laga pamungkas Grup D di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu (23/6) dinihari WIB.

Tambahan tiga poin membuat tim asuhan Zlatko Dalic menggeser Republik Ceko di peringkat kedua, yang dikalahkan Inggris di pertandingan Grup D lainnya.

Kedua tim langsung jual beli serangan sejak awal babak pertama, peluang didapat Skotlandia melalui umpan silang tajam John McGinn masih bisa dimentahkan oleh kiper Dominik Livakovic.

Empat menit berselang, Adams mencoba peruntungannya lewat sepakan jarak jauhnya dari luar kotak penalti, tapi bola masih melebar.

Asik menyerang justru Skotlandia harus kebobolan lebih dulu usai Nikola Vlasic  menyambut umpan sundulan Ivan Perisic dengan tembakan terukur demi memperdaya kiper David Marshall serta membawa Kroasia memimpin pada menit ke-17.

Tujuh menit berselang Skotlandia nyaris menyamakan kedudukan, Lyndon Dykes dan Che Adams gagal menyambut umpan sundulan McGinn. Bola liar kembali dalam penguasaan Skotlandia, tetapi kali ini tembakan McGinn bisa dijinakkan Livakovic.

Skotlandia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Callum McGregor di menit ke-42, setelah bola sapuan dari pemain bertahan Kroasia mengarah kepadanya di depan kotak penalti. Tendangan mendatar yang diarahkan ke sisi kiri gawang oleh pemain Celtic itu tak mampu dijangkau oleh Livakovic. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Dibabak kedua tepatnya dimenit ke 62 Kroasia membalikkan keadaan, Luca Modric melepaskan tembakan LDR kepojok gawang David Marshall.

Luca Modric kembali menjadi aktor gol ketiga dalam pertandingan ini usai umpan sepak pojoknya mampu diteruskan Perisic  dengan sundulan apik untuk menambah keunggulan 3-1 atas Skotlandia.

Skor tersebut bertahan hingga peluit akhir dibunyikan. Dibabak 16 Kroasia yang lolos sebagai runner-up Grup D akan bertemu dengan runner-up Grup E pada Rabu mendatang.