Lewat Drama Adu Penalti, Swiss Singkirkan Sang Juara Piala Dunia

0
52

beritafakta.id Prancis harus terhenti lajunya pada babak 16 besar Euro 2020 usai disingkirkan Swiss lewat adu penalti (5-4) usai bermain imbang 3-3 dalam 120 menit di Stadion National Arena, Bucharest, Rumania, Selasa (29/6/2021) dinihari WIB.

Swiss bahkan mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke 15, Haris Seferovic bisa memenangi duel udaranya dengan Clement Lenglet. Sundulannya ke arah gawang Prancis tak dapat dibendung Hugo Lloris usai menerima umpan Zuber. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di menit ke-55, Swiss mendapat hadiah penalti setelah Zuber dilanggar Benjamin Pavard. Tetapi, kiper Prancis Hugo Lloris menggagalkan tendangan penalti Ricardo Rodriguez yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang.

Prancis berhasil menyamakan kedudukan dua menit berselang melalui aksi Karim Benzema. Kerja sama yang apik dengan Kylian Mbappe bimber Real Madrid tersebut melepaskan tembakan tak mampu dihalau Yan Sommer.

Pada menit ke 69 Karim Benzema kembali mencatatkan namanya di papan skor dengan memanfaatkan bola hasil tembakan Griezmann yang dimentahkan Yann Sommer.

Les Blues semakin menggencarkan serangan mereka, pada menit ke-75, Prancis memperlebar keunggulan setelah Paul Pogba melepaskan tembakan LDR  dari luar kotak penalti tidak mampu dijangkau kiper Yan Sommer.

Dalam kondisi tertinggal tidak membuat Swiss mengendurkan serangan, Haris Seferovic kembali mencetak gol keduanya pada pertandingan ini dimenit ke 81.

Laga pun kembali berjalan dengan seru dan pada akhirnya Mario Gavranovic membuyarkan kemenangan Prancis dengan golnya di menit ke-90. Skor 3-3 memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pertandingan kemudian dilanjutkan ke babak tambahan dan karena tidak ada gol lainnya yang tercipta selama dua kali 15 menit, penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti.

Lima algojo penalti Swiss sukses menjalankan tugasnya. Di kubu Prancis, Kylian Mbappe yang menjadi penendang terakhir justru gagal. Tendangan Mbappe ke sisi kiri gawang bisa ditepis oleh kiper Sommer.

Susunan Pemain

Prancis: Hugo Lloris; Raphael Varane, Clement Lenglet (Kingsley Coman 46′), Presnel Kimpembe; Benjamin Pavard, Paul Pogba, N’Golo Kante, Adrien Rabiot; Antoine Griezmann (Moussa Sissoko 88′); Karim Benzema (Olivier Giroud
94′), Kylian Mbappe.

Swiss: Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez (Admir Mehmedi 87′); Silvan Widmer (
Kevin Mbabu 74′), Remo Freuler, Granit Xhaka, Steven Zuber (Christian Fassnacht 80′); Xherdan Shaqiri (Mario Gavranovic 74′); Haris Seferovic, Breel Embolo (Ruben Vargas 80′).