25.9 C
Jakarta
Kamis, 15 April 2021
Beranda Berita Mengenal Portafilter Kopi Beserta Fungsinya

Mengenal Portafilter Kopi Beserta Fungsinya

0
9

beritafakta.id Bagi para pecinta kopi ataupun sudah tidak asing dengan portafilter apalagi jika berkaitan dengan base espresso. Dalam hal ini,  barista wajib juga kok untuk menghitung detail rasio yang tepat antara kopi dan air untuk dapat membuat hasil espresso yang sesuai ekspektasi.

Mulai dari menentukan hasil gilingan kopi ke tingkat yang kita hendaki, biasanya sih rata-rata makai ke tingkat grindsize fine. Kemudian hasil gilingan tersebut masukkan ke dalam basket filter dan dipadatkan

Portafilter sendiri adalah komponen penting dari mesin kopi espresso yang mana prosesnya, air panas akan dialiri secara cepat menuju basket yang berisi ground coffee. Selanjutnya akan mengalir melalui lubang akhir pada portafilter menuju cup, voilaEspresso nikmat tersaji singkat.

Untuk komponen portafilter sendiri ternyata memiliki perbedaan sesuai kebutuhan sajian espresso itu sendiri. Paling umum bagian portafilter terdiri dari handle portafilterfilter baskettension spring, dan spout.

Portafilter juga memiliki banyak jenis, bentuk, model dan ukuran. Portafilter merupakan part yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari mesin espresso. Untuk ukuran portafilter sendiri biasanya tersedia di pasaran mulai dari 49mm, 51mm dan 58mm.

Berikut penjelasan dari masing-masing bagian dari portafilter.

1. Handle portafilter | Untuk memudahkan barista memegangnya saat proses persiapan, apakah itu memasukan ground coffee atau ketika tamped ground coffee.

2. Filter basket | Di sini wadah ground coffee sebelum terekstraksi, yang nantinya air yang di-shot pada bagian ini. Filter basket berbeda sesuai kebutuhan, untuk sajian single shot pada dasar basket cenderung mengkerucut ke bawah dan titik hole lebih sedikit, sedangkan pada double shot filter basket memiliki titik hole yang banyak pada dasar basket dan lebih besar ukurannya dari basket single shot.

3. Tension spring | Dasar pada portafilter di mana ini tempat menahan filter basket dan menghubungkan spout untuk mengalirnya espresso setelah ekstraksi. Namun, untuk sajian naked shot menggunakan portafilter tanpa tension spring singgah langsung mengalir ke cup.

4. Spout | Merupakan titik akhir dari tempat mengalirnya air yang telah menjadi liquid espesso, jenis spout pun berbeda ada yang memiliki 1 aliran lubang saja, ada juga yang memiliki 2 lubang aliran, bahkan 3 aliran juga ada sesuai kebutuhan.

%d blogger menyukai ini: