Mengenal Proses ‘Tamping’ Cara Mendapatkan Kopi Espresso Yang Baik

0
25

beritafakta.id Para penikmat kopi, tahukah bahwa untuk menghasilkan secangkir espresso terbaik melibatkan banyak proses, salah satunya proses ‘tamping’

Mungkin sebagian orang penasaran, kenapa sih barista menekan dan memadatkan bubuk kopi? Nah, sesungguhnya kegiatan ini adalah titik awal terciptanya secangkir espresso yang sempurna, semakin rata dan padat bubuk kopi maka akan semakin baik kopi yang dihasilkan.

Sebagai info barista akan menekan bubuk kopi ke dalam tamper untuk dimasukkan ke portafilter yang kemudian dimasukkan ke dalam mesin espresso, setelah itu, air dengan tekanan tinggi akan keluar dari mesin dan menghasilkan ekstraksi lalu terciptalah espresso yang dapat dinikmati.

Jika kamu ingin melakukan proses tamping pastikan siku berada di posisi 90 derajat atau tegak lurus. Tamper dipegang dengan ibu jari dan telunjuk di sisi kanan kirinya agar kopi merata seluruh sisinya. Lalu lakukan penekanan perlahan dengan menumpu berat tubuh pada tamper.

Tak perlu menekan sekuat tenaga dengan tamper diputar-putar. Selain itu jangan lupa meratakan bubuk kopi sebelum melakukan proses tamping. Tak hanya itu sangat disarankan untuk menimbang kembali bubuk kopi yang sudah masuk ke dalam portafilter sebelum kamu melakukan proses tamping. Akurasi tak bisa disepelekan.

Ada banyak sekali jenis tamper yang tersedia di pasaran. Tamper diciptakan dari berbagai material, ukuran serta desain. Disarankan memilih tamper yang nyaman pada saat dipegang. Karena setiap orang memiliki ukuran dan bentuk tangan yang berbeda, sangat disarankan untuk memilih tamper yang nyaman dalam genggaman.