Obat Herbal Alami, Berikut 7 Manfaat Serta Khasiat Daun Sirih

0
25

beritafakta.id Ketika membicarakan manfaat daun sirih untuk kesehatan, kamu pasti akan membayangkan daun yang biasanya dikunyah orang tua zaman dulu, bukan? Ya, daun ini memang memiliki peran yang sangat bagus untuk menjaga kebersihan mulut.

Dilansir Indian Express, daun sirih sendiri diketahui mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten yang merupakan sumber kalsium yang bagus untuk tubuh

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Berikut adalah segenap manfaat daun sirih bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah Diabetes Tipe 2

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat air rebusan daun sirih juga dipercaya mengatasi rasa tidak nyaman pada perut.

Caranya, minumlah air rebusan daun sirih.

Konsumsi air rebusan ini membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan.

Selain itu, juga bisa mengoleskan minyak daun sirih pada perut yang membuat perut terasa lebih nyaman.

3. Menurunkan Depresi

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa khasiat daun sirih juga berguna untuk mengendalikan gejala depresi.

Saat mengunyah atau meminum air rebusan daun sirih, hal itu bisa membuat otak untuk memproduksi banyak hormon serotonin yang membuat lebih bahagia.

4. Mengobati Luka Bakar

Manfaat daun sirih lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Hal ini masih dikaitkan dengan kandungan antioksidannya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka.

Daun sirih adalah antiseptik yang luar biasa, yang juga mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.

5. Mengobati Prostat

Daun sirih merah, khususnya, bisa Anda jadikan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti biasa.

Caranya adalah dengan merebus 3 sampai 5 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air rebusan daun sirih tersebut sebanyak 3 kali sehari.

6. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan akan pertumbuhan bakteri dari apa yang Anda makan. Mengunyah daunnya dan/atau berkumur dengan air rebusan daun sirih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Tidak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri.

Mengunyah daun sirih dan biji pinang bisa memicu produksi air liur. Air liur mengandung beragam jenis protein dan mineral yang baik untuk menjaga kekuatan gigi serta mencegah penyakit gusi. Selain itu, air liur juga membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel.

7. Meredakan Sakit Kepala

Jika kamu memiliki masalah seperti sakit kepala yang parah, maka daun sirih bisa membantu. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki sifat pendinginan yang akan memberikan bantuan instan terhadap rasa sakit pada kepala ketika diterapkan secara eksternal.

Daun sirih akan membantu memberi rasa rileks sehingga sakit kepala bisa berkurang.