Piala Dunia 2022: Belanda 2-0 Senegal

0
5

Qatar, beritafakta.id – Belanda berhasil mengalahkan Senegal 2-0 pada laga perdana Piala Dunia 2022 grup A yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Selasa (22/11/2022) dinihari WIB.

Kemenangan membuat Belanda menempati puncak klasemen sementara Grup A dengan tiga poin, sama dengan Ekuador yang menang 2-0 atas Qatar sehari sebelumnya. Adapun Senegal menempati posisi ketiga dengan nol poin.

Belanda langsung tampil menekan di babak pertama. Pertahanan Senegal praktis dibuat kalang kabut oleh serangan tim Oranye yang cepat. Dalam 10 menit awal, Senegal terpaksa harus bermain bertahan.

Meskipun tampil menekan, belum ada ancaman serius dari Belanda. Sebaliknya, kiper Andires Noppert tampil gemilang dalam debutnya bersama Belanda maupun Piala Dunia dengan melakukan setidaknya tiga penyelamatan.

Pada babak pertama usai, tidak ada gol yang tercipta. Memasuki babak kedua, Belanda terus melancarkan serangan. Belanda baru berhasil mencetak gol pertamanya pada menit ke-84 ketika tandukan Cody Gakpo menyambut umpan Frenkie de Jong gagal diantisipasi kiper Edouard Mendy.

Senegal coba menyamakan kedudukan, namun justru kebobolan lagi di injury time. Tembakan Memphis Depay masih bisa diblok oleh Mendy, namun bola liar langsung disambar Davy Klaassen dan sukses membuat gawang sang juara Afrika bobol untuk kedua kalinya. Skor 2-0 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Senegal (4-2-3-1) : Edouard Mendy, Koulibaly, Cisse, Idrissa Gueye, Nampalys Mendy, Kouyate (Pape Gueye 73′), Boulaye Dia (Bamba Dieng 69′), Diatta (Jackson 74′), Sarr, Sabaly, Diallo (Jakobs 62′).

Belanda (5-3-2) : Noppert, De Ligt, Van Dijk, Ake, Bergwijn (Klaassen 79′), Gakpo (De Roon (90+4′), Berghuis (Koopmeiners 79′), Blind, Janssen (Depay 62′), De Jong, Dumfries.