Portugal, Jerman Dan Prancis Pastikan Diri Lolos ke Babak 16 Besar

0
46

beritafakta.id Tim-tim unggulan yang berada di Grup F Euro 2020, yakni Prancis, Portugal, dan Jerman, tetap melaju ke babak 16 besar dari grup yang disebut-sebut sebagai grup neraka.

Portugal yang berstatus juara bertahan lolos ke 16 besar sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik setelah berakhir seri melawan Prancis 2-2 dalam laga pamungkas Grup F di Stadion Puskas Arena, Budhapest, Hongaria, Kamis dinihari WIB.

Cristiano Ronaldo membawa Portugal unggul lebih dulu saat memasuki menit ke 30, Eksekusi bomber Juventus itu tidak mampu dihalau Hugo Lloris.

Prancis selaku juara Piala Dunia 2018  membalas jelang turun minum, juga lewat penalti, setelah Nelson Semedo dianggap melanggar Kylian Mbappe. Karim Benzema yang maju sebagai algojo sukses memperdayai Rui Patricio.

Selepas turun minum, Prancis segera menggebrak dan Benzema langsung mampu menjebol gawang Portugal lagi pada menit ke-47.

Sayang keunggulan Prancis kembali disamakan oleh Cristiano Ronaldo lewat titik putih ketika pertandingan berlangsung 60 menit. Berkat gol ini Ronaldo mencetak golnya yang ke-109 di pentas internasional, menyamai rekor legenda Iran Ali Daei. Skor 2-2 pun bertahan hingga akhir pertandingan. Sebagai juara Grup F Prancis akan menghadapi Swiss dalam laga 16 besar nanti dan Portugal akan menghadapi Belgia.

Dipertandingan yang sama Jerman mampu mengatisipasi perlawanan Hungaria dengan skor 2-2 pada laga pamungkan di Stadion Allianz Arena, Muenchen.

Hongaria sempat memberi kejutan melalui Adam Szalai dan setelah Kai Havertz menyamakan kedudukan mereka kembali memimpin lewat Roland Sallai.

Pada menit ke-74 Leon Goretzka menjadi pahlawan Jerman, menyamakan kedudukan 2-2 yang bertahan hingga akhir, memastikan langkah tim besutan Joachim Loew ke babak 16 besar.

Di babak 16 besar nanti, Jerman akan melawan Inggris. Partai tersebut akan digelar di Stadion Wembley pada Senin (29/6).