Putuskan Pensiun,Grazie Valentino Rossi

0
14

beritafakta.id Pembalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi menutup karier sebagai pembalap MotoGP di Grand Prix Valencia saat pebalap Ducati Francesco Bagnaia memenangi seri pemungkas musim tersebut pada Minggu (14/11).

Pada penampilan terakhirnya, Rossi berpamitan dengan para fan yang mengenakan atribut dan mengibarkan bendera kuning bernomor 46.

Rossi menghentikan motornya di salah satu tikungan setelah finis P10 dan langsung diserbu oleh para marshal, para pembalap, dan juga para fan yang menyalaminya di akhir karier sang pebalap.

Sejumlah tokoh dunia seperti artis Tom Cruise, Keanu Reaves, juga para pembalap seperti Lewis Hamilton, Max Verstappen, Roger Federer, Max Biaggi, Marco Melandri dan mantan pesepak bola Timnas Brazil Ronaldo, mengucapkan selamat pensiun kepada pembalap legendaris Italia itu.

Valentono Rossi mengklaim titel juara dunia pertamanya pada 1997, satu tahun setelah menjalani debut kelas 125cc, diikuti dengan gelar kelas 250cc pada 1999.

Setelah naik kasta ke kelas MotoGP, The Doctor menjadi runner-up di musim debutnya pada tahun 2000 sebelum merebut titel juara dunia terakhir dalam format kelas 500cc setahun setelahnya bersama tim Repsol Honda.

ia kemudian menambah koleksi trofi juara MotoGP pada 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009. Sayang saat bergabung dengan Ducati Valentino Rossi tidak dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya seperti saat bersama Honda dan Yamaha.

Valentino Rossi mengoleksi total 115 kemenangan Grand Prix di semua kategori termasuk rekor 89 kemenangan di kelas premier, 235 podium (199 di kelas premier), yang juga merupakan rekor, serta karier terlama bagi seorang pebalap di kelas premier.

Di usianya yang berkepala empat, Rossi bertarung dengan para pebalap yang berumur separuh dari usianya dan keberuntungan sang pebalap Italia semakin pudar beberapa tahun belakangan.

Pada 2021, dia pindah dari tim pabrikan Yamaha untuk bergabung dengan tim satelit SRT bertukar bangku dengan Fabio Quartararo. Sang pebalap Prancis mengunci gelar juara dunia musim ini di trek dekat rumah Rossi, Misano, Italia.

Bagi Rossi, pensiun hanya sebutan, bukan realitas, karena dia akan tetap disibukkan dengan aktivitas di trek.

Sebagai investasi masa depan, Rossi telah membangun Akademi VR46, dan tim VR46 miliknya akan debut di MotoGP tahun depan sebagai tim satelit Ducati.

Grazie Vale.