Ragam Manfaat Dan Khasiat Daun Kelor Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

0
18

beritafakta.id Mungkin Anda pernah mendengar peribahasa “dunia tak selebar daun kelor”, hal itu karena daun kelor memiliki ukuran yang kecil.

Walau kecil ukurannya, daun kelor memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan, para ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Salah satu diantara banyaknya solusi jitu cegah berbagai penyakit, Anda harus ketahui khasiat dibalik air rebusan daun kelor.

Tanaman dengan nama lain Moringa Oleifera ini disebut memiliki manfaat yang dahsyat bagi kesehatan tubuh.

Apalagi jika Anda mengolahnya menjadi air rebusan daun kelor dan rutin meminumnya.

Berikut manfaat dan khasiat daun kelor

1. Mencegah Ciabetes

Air rebusan daun kelor sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes dan keturunannya.

Hal ini lantaran air rebusan daun kelor dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Dengan begitu, kadar gula darah dalam tubuh Anda dan keluarga terjamin stabil.

Selain kadar gula rendah, air rebusan daun kelor juga mengandung betakaroten yang paking dibutuhkan para penderita diabetes.

2. Nutrisi Bagi Ibu Menyusui

Sudah dikenal sejak jaman nenek moyang bahwa ibu menyusui sangat membutuhkan air rebusan daun kelor.

Pasalnya, air rebusan daun kelor memiliki banyak nutrisi yang baik untuk ibu dan bayi.

Selain itu, produksi ASI (Air Susu Ibu) dapat meningkat dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun kelor.

Hal ini lantaran kandungan flavonoid yang ada pada segelas air rebusan daun kelor.

Banyaknya vitamin seperti A, C, B1, B2, B3, mineral, dan lain-lain juga meningkatkan gizi pada ibu dan bayi.

3. Mengurangi Kadar Gula Darah

Khasiat daun kelor lainnya yang disebutkan Healthline adalah mampu menurunkan gula darah tubuh. Manfaat ini penting bagi penderita diabetes agar kondisi kesehatan tak semakin parah. Meski demikian, baru sedikit penelitian yang dilakukan pada manusia.

Salah satu penelitian yang melibatkan 30 wanita membuktikan hal tersebut. Mereka mengonsumsi 7 g bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan. Hasilnya, rata-rata gula darah berkurang sebanyak 13.5%.

4. Menyehatkan Mata

mataDaun kelor memiliki kandungan tinggi vitamin A yang sangat baik untuk mata. Konsumsi daun kelor bermanfaat agar organ mata selalu dalam keadaan sehat dan jernih.
Daun kelor dapat dimanfaatnya dalam menyembuhkan penyakit mata, bisa dengan dimakan secara langsung (setelah daun dibersihkan).

Menurut Tati Winarto, seseorang pakar herbal dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, menjelaskan bahwa daun kelor mempunyai  banyak kandungan gizi, salah satunya vitamin A dan kalsium.

Kandungan vitamin A dalam daun kelor bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik itu dari mulai kurangi resiko mata plus, minus, silinder dan katarak. Daun kelor juga baik apabila dikonsumsi oleh pasien diabetes dan bermanfaat menjernihkan pandangan matanya

5. Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu zat yang penting untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Kadar radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang berkaitan dengan berbagai penyakit kronik dan berbahaya, seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes mellitus tipe II.

Beberapa zat yang bersifat antioksidan yang ada dalam kandungan daun kelor, antara lain vitamin C, beta karoten, quercetin, dan chlorogenic acid.

6. Banyak Mengandung Zat Nutrisi

Dua kandungan daun kelor yang penting adalah vitamin dan mineral, antara lain vitamin B6, vitamin B2, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan magnesium.

Selanjutnya, daun kelor ternyata juga mengandung protein nabati. Satu mangkuk daun kelor (sekitar 21 gram) mengandung protein 2 gram.