Resmi, Piala Dunia U-20 Dibatalkan Hingga Tahun 2023

0
115

beritafakta.id Akibat pandemi COVID-19, Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia bulan Mei hingga Juni mendatang dibatalkan.

Kabar ini disampaikan langsung oleh organisasi induk sepakbola dunia, FIFA pada Jumat (25/12) dinihari WIB. Tak hanya Piala Dunia U-20, Piala Dunia U-17 2021 yang akan digelar di Peru juga bernasib sama.

Oleh karena itu, FIFA secara teratur berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan terkait, termasuk Asosiasi Anggota tuan rumah serta Konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen yang semula dijadwalkan berlangsung pada tahun 2021.

Meski begitu, FIFA tak lantas mengabaikan persiapan yang telah dilakukan kedua negara. Sebagai gantinya, Indonesia dan Peru akan ditunjuk sebagai tuan rumah turnamen yang sama untuk tahun 2023.

“Akibat adanya pandemi COVID-19, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia U-17 di tahun 2021, dan langsung menunjuk Indonesia dan Peru, yang seharusnya menjadi tuan rumah edisi 2021, untuk menjadi tuan rumah edisi 2023,” tulis pernyataan resmi FIFA.

“FIFA mengucapkan terima kasih kepada Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) dan Peru (FPF) serta otoritas kedua negara atas komitmen dan persiapan yang telah dilakukan sejauh ini. FIFA berharap bisa melanjutkan kerja sama dengan kedua negara tuan rumah agar turnamen tersebut berjalan sukses,” tutupnya.

Menanggapi keputusan tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi dan menghormati keputusan FIFA, mengingat kelancaran acara serta keselamatan dan keamanan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Indonesia 2021 adalah prioritas utama.

“Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang. PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2021. Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada tahun 2023,”kata Iriawan.

Iriawan pun berharap dengan pembatalan ini, Timnas Indonesia bisa memanfaatkan waktu untuk mematangkan persiapan sebelum bertanding di turnamen 2023 mendatang.