Sanksi Pelanggar PPKM Darurat Satpol PP Kota Tangerang Akan Sita KTP atau SIM

0
16

TANGERANG Beritafakta.id – Satpol PP Kota Tangerang bakal menyita KTP atau SIM milik warga di Kota Tangerang yang melanggar aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Kepala Satpol PP Kota Tangerang Agus Henra mengatakan sanksi berupa penyitaan itu bakal dilakukan bila ada warga yang melakukan pelanggaran berat. Meski demikian, bila ada warga yang melanggar PPKM darurat dan termasuk pelanggaran ringan, pihaknya tidak akan langsung menyita KTP atau SIM milik pelanggar itu. “Sanksi administrasi kan ada teguran, sanksi tertulis, segala macam, dan ada penyitaan SIM atau KTP. Ada sosial ada juga denda,” papar Agus dalam rekaman suara, Jumat (2/7/2021).
 Agus menyebutkan, hal yang mendasari penyitaan itu adalah Perwal Kota Tangerang.Makanya pihaknya bakal berpatroli sebanyak tiga kali dalam satu hari di Kota Tangerang untuk menegakkan PPKM darurat itu. Katanya, Satpol PP akan melakukan penyisiran di wilayah itu bersama TNI-Polri dan instansi terkait lainnya. Selain berpatroli, jajarannya juga bakal menyiagakan sejumlah personel di titik-titik yang rawan kerumunan. “Kami tempatkan anggota di tempat yang berpotensi banyak krumunan. Misalnya di Town Square itu, atau Jalan Ahmad Yani,” papar Agus. “Kami jaga juga di tempat-tempat lain yang menurut kami rawan kerumunan,” sambungnya.
Agus menegaskan, pihaknya juga mengawasi pusat perbelanjaan dan sejenisnya selama PPKM darurat diterapkan. Pusat perbelanjaan dan usaha sejenis diketahui wajib menutup operasionalnya selama aturan itu diterapkan. Bila ada pusat perbelanjaan yang tetap beroperasi, pihaknya siap untuk menutup paksa tempat tersebut. Kata dia,
Lanjutnya Agus mnjelaskan, penindakan yang bakal dilakukan tidak langsung penutupan paksa sebuah lokasi yang melanggar. Namun, dimulai dari teguran lisan, administrasi, penyitaan barang sementara, penutupan sementara, dan lain-lain. “Kalau pelanggarannya parah banget, dimungkinkan ada pencabutan izin berusaha,” tegas Agus.(ayu)