Singkirkan PSG 2-0, Borussia Dortmund Hadapi Real Madrid di Final Liga Champions

0
20
Borussia Dortmund lolos ke final Liga Champions. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Borussia Dortmund berhasil menembus final Liga Champions 2023/24 setelah menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan agregat 2-0. Mereka akan berhadapan dengan juara bertahan Real Madrid di partai puncak yang akan digelar di Stadion Wembley pada 2 Juni dini hari WIB, seperti yang dilaporkan oleh laman resmi UEFA.

Dortmund mengamankan tempat di final setelah meraih kemenangan tipis 1-0 di leg pertama melawan PSG di Signal Iduna Park pada 2 Mei, berkat gol dari Niclas Fullkrug. Kemenangan tersebut mereka pertahankan di leg kedua yang berlangsung di Parc des Princes pada 8 Mei.

Sementara itu, Real Madrid berhasil melaju ke final setelah menundukkan Bayern Muenchen dengan agregat 4-3. Di laga leg kedua yang berlangsung di Santiago Bernabeu, mereka mengalami ketertinggalan 0-1 akibat gol Alphonso Davies pada menit ke-68, namun berhasil membalikkan keadaan dengan brace dari pemain pengganti, Joselu, pada menit ke-88 dan ke-90+1.

Final ini akan menjadi yang ke-18 bagi Real Madrid dalam sejarah Liga Champions, dengan mereka telah mengoleksi 14 gelar juara, yang terakhir kali diraih pada tahun 2022.

Dortmund akan menjajaki final Liga Champions ketiganya, setelah sebelumnya menjadi juara pada tahun 1997 dan menjadi runner-up pada tahun 2013.

Berikut hasil lengkap semifinal Liga Champions:

Paris Saint-Germain 0-1 Borussia Dortmund (agregat 0-2)

Real Madrid 2-1 Bayern Munich (agregat 4-3) (*)