STOP Danai WHO, Trump Bakal ‘Perang’ Dengan Kongres

0
34

USA,Beritafakta.id-Pemerintahan Trump bertanggung jawab atas terbengkalainya jutaan dolar anggaran dana bantuan untuk Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyusul keputusan Presiden Donald Trump untuk menahan pemberian dana bantuan kepada WHO terkait penanganan Virus Corona Covid-19 pada Selasa (14/4) Lalu.
Langkah yang diambil Donald Trump tersebut memicu ketegangan antara pemerintahan Trump dengan pihak Kongres ditengah perjuangan negara tersebut melawan krisis akibat pandemi Covid-19.

Keputusan Trump untuk memotong pendanaan bagi WHO tersebut dilakukan disaat terjadinya pandemi global terparah yang pernah ada. Trump sendiri seakan tak mau disalahkan, bahkan bersikeras untuk tetap melanjutkannya.
Donald Trump Prediksi Kematian Akibat Covid-19 di AS Bisa Lebih 100 Ribu
Kepada CNN, Seorang pejabat pemerintahan AS mengatakan bahwa pemerintahan Trump saat ini fokus pada penentuan kemana dana bantuan WHO tersebut dialihkan. Ia menambahkan bahwa aliran dana bantuan yang belum diserahkan kepada WHO akan ditahan untuk sementara waktu dan akan direalokasikan untuk program lainnya. Ia tak menyebut kapan waktu pembahasan terkait realokasi dana bantuan tersebut.

Sumber lain menyebutkan bahwa setidaknya setengah dari dana bantuan tersebut tidak lenyap begitu saja. Pemerintah AS tengah mencari program yang tepat untuk menyalurkan dana tersebut. Amerika Serikat sendiri diketahui merupakan negara pendonor “dana” terbesar bagi Lembaga Kesehatan Internasional tersebut.
Pejabat pemerintahan senior juga menyebut bahwa Kongres AS belum diberitahu terkait informasi pengumuman keputusan Trump mengenai pendanaan tersebut. Tentunya hal tersebut akan mendapat pertentangan dari pihak Demokrat.

Demokrat menilai langkah pemotongan dana bantuan kepada WHO ini merupakan sebuah kesalahan. Mereka menuding pemerintahan Trump berniat untuk mencari kambing hitam atas penyebaran wabah Covid-19, mengingat pemerintahan Trump juga tengah dihujani kritikan terkait penanganan wabah di Amerika Serikat.
“WHO memang tidak sempurna, namun saat ini kita perlu bekerja sama dengan mereka di lapangan. Ini adalah satu-satunya pilihan terbaik yang kita miliki,” kata seorang anggota Kongres dari Demokrat.

“Pemerintah menjadikan WHO sebagai kambing hitam, dan itu sangat jelas,” imbuhnya.
Senator Demokrat, Patrick Leahly, menyebutkan “menahan dana bantuan untuk WHO ditengah wabah terburuk abad ini sama saja dengan menahan bantuan amunisi kepada lawan saat musuh datang mendekat.”
Sementara itu, tujuh senator Republikan melayangkan surat kepada Direktur Jenderal WHO. Mereka menanyakan pertanyaan spesifik dan meminta WHO menyiapkan dokumen tertentu sebagai respon WHO terkait wabah virus Corona.
“Rakyat Amerika layak mendapatkan jawaban untuk apa pajak yang mereka bayarkan selama ini,” tulisnya.
Sebelumnya, Trump menilai Badan Kesehatan Dunia (WHO) terlalu “China-sentris” dan tak mendukung kebijakan Trump terkait dengan pembatasan perjalanan ke China pada bulan Januari 2020 silam.

Jumlah Pasien Corona Meningkat, Pentagon Cari 100.000 Kantong Jenazah