Studi Lapangan Mahasiswa S1 Arsitektur ITB AD Bersama PT Waskita Realty

0
57

TANGERANG,beritafakta – Mahasiswa Program Studi S1 Arsitektur Fakultas Tehnik dan Desain Institut Teknologi Bisnis Ahmad Dahlan (ITB AD) mengadakan studi lapangan bekerja sama dengan Waskita Realty, Senin (24/05/2021) bertempat di BSD City.

Studi lapangan kali ini menitik beratkan pada “Proyek Pembangunan Apartemen dan Retail Vasaka Nines BSD”. Menurut Kaprodi S1 Arsitek ITB AD Pudji Widjanarko, ST, M.Si mengatakan, “Bahwa studi lapangan ini bertujuan untuk memberi gambaran dan penjelasan kepada mahasiswa, mengenai implementasi sistem utilitas bangunan, pada bangunan bertingkat tinggi, secara khusus sistem yang harus dipelajari adalah sistem elektrikal, saluran air bersih, saluran air limbah atau kotor, sistem transportasi vertikal dan sistem proteksi kebakaran”, ujarnya

Masih dikatakan Pudji, Studi lapangan ini juga memberikan gambaran mengenai program ruang bangunan komersial berlantai tinggi dengan fungsi mixed use, serta kegiatan ini sebagai pendukung penyampaian materi “Mata Kuliah Studio Perancangan IV dan Utilitas Bangunan II”.

Pada Kegiatan tersebut Alfa selaku Manager Proyek PT. Waskita Realty, menjelaskan secara detail kepada mahasiswa dan dosen mengenai Proyek gedung Vasaka Nines, yang merupakan mixed use building setinggi 38 lantai dengan dua fungsi, yaitu Retail dan apartemen.

Apartemen di Vasaka Nines terdiri dari 2 tower, yaitu tower A dan tower B, yang mana saat ini hanya tower A yang proses konstuksinya sudah mencapai towing off. dan tower B baru mencapai 10 lantai”, jelasnya.

Menurut Dosen pengampu Matkul  Utilitas Bangunan II, Annisa Marwati, S.Ars, M.Ars mengatakan, “Kami sangat berterima kasih sekali kepada Developer PT.Waskita Realty yang menangani proyek ini, atas keterbukaanya dan kesediaanya menerima, serta menjelaskan banyak hal mengenai perencanaan dan utilitas bangunan, sehingga perkuliahan tidak hanya berkutat pada teori teori saja, namun mahasiswa juga bisa menambah wawasan dengan pengamatan diproyek yang sedang berlangsung”, ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dosen Pengampu Matkul Studio Perancangan Arsitektur IV,  Kapindro H.Sasmita, mengatakan, “Studi lapangan ini bertujuan untuk memperkaya wawasan mahasiswa terkait, materi pembelajaran yang diperoleh dikelas, pada matkul ini mahasiswa perlu lebih menghayati bagaimana program program ruang yang ideal pada bangunan tinggi, dengan mengobservasi secara langsung karya arsitektur yang telah berdiri serta dapat mengaitkan suatu objek kuliah yang satu dengan yang lain, misalkan antara desain estetika dengan utilitas”, bebernya.

Ketika ditemui mahasiswa Arsitektur Kampus Ciputat, Fadel Riady  mengatakan, “Sangat apresiasi kesediaan manajemen Waskita Realty dalam agenda study visit ke project apartemen Vasaka Nines BSD City, kami dapat melihat secara langsung implentasi utilitas pada bangunan bertingkat tinggi, serta beberapa pemahaman tentang prioritas pengadaan equipment pada perencanaan bangunan, Sukses terus Waskita Realty”, tandasnya.

Sementara itu menurut Mahasiswa Arsitektur Kampus Karawaci, Roby Nurul Huda mengatakan pada studi lapangan ini kita benar benar mendapatkan ilmu yang bermanfaat sekali untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam mengimplementasikan teori teori yang sudah kita dapat dikampus tercinta ini”,pungkasnya.