Warga Berbondong-bondong Serbu Beras Bulog

0
32

BREBES, BERITAFAKTA.ID – Ratusan warga Bulakamba, Kabupaten Brebes berbondong-bondong menyerbu mobil bak terbuka milik bulog untuk mendapatkan beras murah. Mereka berusaha mendapatkan beras dengan harga yang murah dalam opeasi pasar yang digelar Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan di (Dinkompumdag) Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Perum Bulog di Pasar Bulakamba, Selasa (20/2/2024)

Sekda Brebes Ir H Djoko Gunawan MT menjelaskan, bahwa bahan pangan di tengah masyarakat khususnya beras sedang mengalami kenaikan harga. Untuk itu, pemerintah hadir untuk menurunkan harga beras dengan menggelar operasi pasar. Masyarakat disediakan beras sebanyak 5 kilogram, 1 liter minyak goreng dan 1 kilogram gula pasir dengan harga murah Rp85.000,-.

“Operasi pasar ini, di kandung maksud agar masyarakat bisa membeli dengan harga murah disamping juga bertujuan mengatasi harga yang saat ini agak tinggi. Mudah-mudahan dengan operasi pasar ini, diharapkan harga bisa segera turun,” ungkap Sekda.

Dia menegaskan, dalam waktu dekat ada panen raya, sehingga harga dipasaran mudah mudahan akan cepat turun.

Plt Kepala Dinkopumdag Brebes Untung Rizaludin menambahkan, Operasi pasar digelar atas kerja sama dengan Perum Bulog. Selain di Pasar Bulakamba, operasi pasar juga akan dilaksanakan Kamis 22 Februari 2024 mendatang di pasar Banjaratma, Kecamatan Bulakamba,” ungkap Untung.

Dalam operasi pasar ini, lanjutnya, sebagaimana dikatakan Sekda tiada lain adalah untuk menekan harga pasar dengan cara menjual dibawah harga pasar. Harga di pasaran dari satu paket Rp100 ribu tapi dijual hanya Rp85 ribu. Masyarakaat hanya membeli satu paket senilai Rp85 ribu yang terdiri dari Beras Medium Bulog 5 kg, gulat pasir 1 kg dan minyak goreng 1 liter. Sebanyak 400 paket disediakan untuk masyarakat di pasar Bulakamba, ludes dalam waktu kurang dari dua jam.

Salah seorang pembeli Fatmah mengaku senang dengan adanya operasi pasar, karena bisa membantu rakyat kecil seperti dirinya. “Lumayan, bisa hemat-hemat dikit, apalagi sekarang harga lagi pada melonjak,” ungkapnya. (Rusmono)