Menteri PANRB Dukung Integrasi Layanan Bertransformasi Digital di KBRI Spanyol

Senin, 6 Oktober 2025 - 18:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

beritafakta.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mendukung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Madrid, Spanyol untuk terus melakukan transformasi digital. Ini dilakukan agar pelayanan publik lebih aksesibel, inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“KBRI merupakan showcase praktik birokrasi Indonesia yang efektif dan profesional di luar negeri, sehingga pelayanan yang diberikan KBRI akan langsung dirasakan oleh warga negara Indonesia (WNI) yang ada di sini serta berbagai stakeholder eksternal terkait dengan kepentingan Indonesia. Untuk itu kita perlu mendorong dan menjamin pelayanan yang diberikan kepada para pihak harus sesuai dengan ekspektasi mereka,” ujarnya dihadapan Duta Besar Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib dan jajaran saat menghadiri Courtesy Meeting di KBRI Madrid, Minggu (5/10/2025).

Menteri Rini menyampaikan, saat ini pemerintah tengah membangun Digital Public Infrastructure (DPI) yang mencakup digital ID, data exchange dan digital payment agat pelayanan publik bisa terintegrasi lintas instansi, menyatukan layanan supaya masyarakat cukup sekali memasukan data dan mengakses layanan dengan mudah dan transparan.

“Kita melihat peluang untuk menjadikan layanan KBRI sebagai suatu use-case keterpaduan layanan digital, salah satunya pelayanan paspor, promosi, investasi dan kekonsuleran. Dengan ini KBRI menjadi bagian penting dari ekosistem keterpaduan layanan pemerintah serta memberikan kemudahan bagi masyarakat secara nyata” ujarnya.

Dalam sambutannya juga disampaikan, sebagaimana arahan Presiden Prabowo Subianto, reformasi birokrasi yang lebih responsif, bekerja dengan koordinasi lintas instansi “KBRI bukan hanya diukur dari layanan kekonsuleran semata, tapi juga kontribusinya dalam mendukung pencapaian prioritas nasional,” jelasnya.

Saat ini Kementerian PANRB terus mendukung peningkatan kualitas layanan KBRI agar lebih aksesibel, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Rini juga berkesempatan diskusi dengan pegawai dan ASN yang ada di KBRI Madrid “Saya senang dapat berdiskusi dengan ASN disini, ASN merupakan bagian dari birokrasi yang bertugas untuk melakukan layanan-layanan untuk mempekuat hubungan internasional” pungkasnya.

Berita Terkait

AMI: Selama Israel Menjajah Palestina, Tak Ada Tempat Bagi Mereka di Negeri Ini
Konflik Usai, PWI Banten Akhirnya Bersatu: Babak Baru Pers Banten Dimulai
Kementerian PU Rehabilitasi Irigasi Brantas, Dongkrak Produktivitas Sidoarjo
Kemendes Bakal Geser 15 Ribu Desa Maju jadi Desa Mandiri
Wamen Viva Yoga: Desa Mandiri, Kunci Pemerataan Ekonomi
Genjot Padat Karya 2025, PU Serap 43 Ribu Lebih Tenaga Kerja
Energizing Tamasya: Bentuk Dukungan Pertamina untuk Anak Balikpapan
Pemeliharaan Jalan Tol Tamer Dimulai September, Upaya Jaga Kenyamanan Pengendara
Berita ini 5 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 11 Oktober 2025 - 18:12 WIB

AMI: Selama Israel Menjajah Palestina, Tak Ada Tempat Bagi Mereka di Negeri Ini

Rabu, 8 Oktober 2025 - 10:23 WIB

Konflik Usai, PWI Banten Akhirnya Bersatu: Babak Baru Pers Banten Dimulai

Selasa, 7 Oktober 2025 - 12:57 WIB

Kementerian PU Rehabilitasi Irigasi Brantas, Dongkrak Produktivitas Sidoarjo

Selasa, 7 Oktober 2025 - 12:53 WIB

Kemendes Bakal Geser 15 Ribu Desa Maju jadi Desa Mandiri

Senin, 6 Oktober 2025 - 18:57 WIB

Menteri PANRB Dukung Integrasi Layanan Bertransformasi Digital di KBRI Spanyol

Berita Terbaru