Jenazah BJ Habibie telah Dimakamkan di TMP Kalibata

0
129
Prosesi pemakaman mendiang Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dimulai. Jenazah sudah tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pukul 13.40 WIB. Didampingi segenap keluarga, serta pejabat negara, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Istimewa

Jakarta, Berita-fakta.co.id – Prosesi pemakaman mendiang Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dimulai. Jenazah sudah tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pukul 13.40 WIB. Didampingi segenap keluarga, serta pejabat negara, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Habibie dibawa dalam peti jenazah berwarna putih. Berbalut bendera merah putih. Peti jenazah dipanggul oleh Prajurit TNI. Proses pemakaman dilakukan dengan upacara militer. Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara, dalam prosesi pemakaman kali ini.

Sepanjang perjalanan dari depan TMP, tepat setelah jenazah diturunkan dari kendaraan. Lantunan salawat tak henti-hentinya mengiringi Habibie ke peristirahatan terakhir. Prosesi pemakaman diawali dengan pembacaan biografi singkat Habibie semasa hidup. Sebelum diturunkan ke liang lahat, jenazah mendapat penghormatan terakhir secara militer.

Prosesi pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie secara militer. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam pemakaman yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, (Kamis 12/9).

Jokowi kemudian menjadi orang pertama yang melakukan penimbunan liang lahat secara simbolis. Dilanjut oleh pihak keluarga yang diwakili oleh Ilham Akbar Habibie. Dan diakhiri oleh petugas pemakaman.

Prosesi dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga atas nama negara dan bangsa, diwakili oleh Joko Widodo selaku inspektur upacara. Perwakilan keluarga juga turut meletakan karangan bunga.

Prosesi pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie secara militer. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam pemakaman yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, (Kamis (12/9).

Dalam sambutannya, Joko Widodo mengatakan, Indonesia kehilangan besar atas berpulangnya Habibie. Sebab, almarhum merupakan sosok yang begitu besar. Bahkan, Joko Widodo menyebut BJ Habibie sangat berjasa kepada bangsa.

ā€œBeliau adalah negarawan sejati. Inspirator, ilmuwan yang menyakini bahwa tanpa cinta kecerdasan berbahaya. Ilmu pengetahuan, iman dan taqwa harus bersatu. Beliau suri tauladan anak bangsa,ā€ kata Joko Widodo di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Oleh karena itu, Joko Widodo menyampaikan sudah sepantasnya di upacara pemakaman ini menjadi penghormatan negara terkahir kepada Habibie. Joko Widodo mengenang pendahulunya itu sebagai sosok yang sangat vidioner. Di usia mudanya dia sudah berfikir jauh untuk bangsa dan negara, supaya di masa mendatang, Indonesia bisa lepas landas.

ā€œDari visi beliau lahir industri. Dedikasi beliau Pesawat Gatot Kaca pertama kali terbang pada perayaan 50 tahun kemerdekaan Indonesia,ā€ tambahnya.

Selama masa kepresidenan, Habibie juga banyak meletakan pondasi kuat bangsa. Lahirnya demokrasi pun tak lepas atas jasanya. Pengabdiannya berlanjut sampai dengan masa senjanya. Dia masih tetap berkontribusi dalam untuk kemajuan bangsa.

Pemakaman Habibie turut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara. Diantaranya Menteri Kabinet Kerja, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta sejumlah pejabat lain, termasuk tamu undangan negara sahabat.

Wartawan: Purwanto